Arsip

  • Tema Hukum Internasional dan Perbandingan Hukum
    Vol 3 No 1 (2022)

    Selamat Hari Perdamaian Sedunia! - 1 Januari 2022. Hari Perdamaian Sedunia diperingati bersamaan dengan perayaan pergantian tahun dan dalam rangka menyemarakkan momentum tersebut, Jurnal Hukum Lex Generalis meluncurkan tema edisi "Hukum Internasional dan Perbandingan Hukum". Terima kasih kepada para pemerhati hukum, Mitra Bestari (Adityadarma B.P.S.P, S.H., M.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan YME. "It is better to win the peace and to lose the war" - Bob Marley

  • Tema Hukum Korporasi
    Vol 2 No 12 (2021)

    Selamat Hari Anti-Korupsi Sedunia! 09 Desember 2021. Kampanye global ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik agar bersikap antikorupsi. Pada 9 Desember 2003, United Nations Convention against Corruption (UNCAC) siap untuk ditandatangani pada konferensi tingkat tinggi yang digelar di Merida, Mexico. Oleh karena itulah, tanggal 9 Desember dijadikan sebagai momentum hari antikorupsi tingkat dunia. Bersamaan dengan itu, Jurnal Hukum Lex Generalis bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Konsentrasi Hukum Pidana (HIMAKOPI) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya untuk meluncurkan jurnal dengan edisi "Hukum Korporasi". Terima kasih kepada para "Kritikus Hukum" yang telah berkontribusi, Mitra Bestari (Muh Sutri Mansyah, S.H., M.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan YME. Katakan "Tidak!" pada Korupsi!

  • Environmental Law Theme
    Vol 2 No 11 (2021)

    Selamat Hari Menanam Pohon Nasional! - 28 November 2021. Lingkungan menjadi salah satu topik yang mengemuka belakangan ini. Dalam rangka hari perayaan lingkungan ini, Jurnal Hukum Lex Generalis meluncurkan tema edisi "Hukum Lingkungan". Terima kasih kepada para pemerhati hukum, Mitra Bestari (Linda Dewi Rahayu, S.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan YME. #LindungiBumi

  • Hukum Kesehatan
    Vol 2 No 10 (2021)

    Selamat Hari Dokter Nasional! 24 Oktober 2021. 71 Tahun yang lalu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendapatkan legalitas hukum di hadapan notaris. Bertepatan dengan hari jadi IDI tersebut dan momentum Pandemi Covid-19 ini, Jurnal Hukum Lex Generalis menerbitkan jurnal edisi "Hukum Kesehatan". Terima kasih kepada para tenaga hukum yang mengirimkan tulisannya, Mitra Bestari (Fazal Akmal Musyarri, S.H, M.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan YME.  Salam Sehat!

  • Tema Hukum Agraria
    Vol 2 No 9 (2021)

    Selamat Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional! 24 September 2021. 61 Tahun yang lalu merupakan momentum disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria. Pada hari ini di 27 tahun yang lalu juga merupakan tanggal kelahiran Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA). Bertepatan dengan peringatan tersebut, Jurnal Hukum Lex Generalis menerbitkan jurnal edisi "Hukum Agraria dan Pertanahan". Terima kasih kepada para pegiat hukum yang mengirimkan tulisannya, Mitra Bestari (Muhammad Fikri Alan, S.H, M.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan YME.  #TanahUntukRakyat

  • Tema Hukum Teknologi
    Vol 2 No 8 (2021)

    Selamat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional! 10 Agustus 2021. 26 Tahun lalu, Pesawat N-250 Gatotkaca mengangkasa untuk yang pertama kalinya di langit Bandung. Penerbangan perdana kapal terbang Karya Anak Bangsa tersebut menjadi tonggak sejarah diresmikannya tanggal 10 Agustus sebagai Harteknas melalui Keppres Nomor 71 Tahun 1995. Jurnal Hukum Lex Generalis turut merayakan hari bermomentum ini dengan meluncurkan edisi bertema "Hukum Teknologi", sebagai luaran dari acara "Voice of Law" bekerjasama dengan Jurist Wanna Be dan Voiced Law. Terima kasih kepada para "invenstor hukum" yang telah berkontribusi, Mitra Bestari (Nurul Ula Ulya, S.H., M.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan YME. Ayo wujudkan Indonesia 4.0!

  • Tema Hukum Pidana
    Vol 2 No 7 (2021)

    Selamat Hari Kejaksaan! - 22 Juli 2021. Pada tanggal 22 Juli 1960, kabinet dalam rapatnya memutuskan bahwa Kejaksaan menjadi departemen melalui Keputusan Presiden. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan menjadi Hari Kejaksaan berdasarkan Keputusan Menteri/JA No. Org/A-51/1 tanggal 2 Januari 1961. Dan bertepatan dengan perayaan tersebut, kami meluncurkan edisi bertema Hukum Pidana. Terima kasih kepada para pemikir yang telah berkontribusi, Mitra Bestari (Muh. Sutri Mansyah, S.H., M.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan YME. Salam Tri Krama Adhyaksa!

  • Tema Hukum Keluarga
    Vol 2 No 6 (2021)

    Selamat Hari Keluarga Nasional! - 28 Juni 2021. Hampir 30 tahun lalu tepatnya pada 29 Juni 1992, Presiden Soeharto menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) untuk merayakan keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) yang digalakkan pemerintah saat itu dengan slogannya "Dua Anak Lebih Baik". Dan bertepatan dengan perayaan tersebut, kami meluncurkan edisi bertema Hukum Keluarga. Terima kasih kepada para pemikir yang telah berkontribusi, Mitra Bestari (Dimas Auliya Fikri Bil Fi'li, S.H., M.Kn.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan YME. "Harta yang paling berharga adalah keluarga"

  • Tema Hukum Perburuhan dan Ketenagakerjaan
    Vol 2 No 5 (2021)

    Selamat Memperingati Hari Buruh Internasional! 1 Mei 2021. Dalam rangka hari yang diperingati secara global tersebut, Jurnal Hukum Lex Generalis meluncurkan edisi jurnal bertema "Hukum Perburuhan dan Ketenagakerjaan". Menjadi spesial karena Jurnal Hukum Lex Generalis termasuk sebagai inisiator yang menelurkan tulisan-tulisan tentang Undang-Undang Cipta Kerja (atau dikenal juga dengan UU Omnibus Law) yang sarat akan kontroversi kemarin. Terima kasih kepada para penelur gagasan, Mitra Bestari (Xavier Nugraha, S.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salam Perjuangan!!!

  • Tema Hukum Perdata
    Vol 2 No 4 (2021)

    Selamat Hari Konsumen Nasional! - 20 April 2021. Di hari ini, lebih dari dua dekade lalu, diundangkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang menjadi tonggak awal penegakan hukum perlindungan konsumen di Indonesia. Dan bertepatan dengan perayaan tersebut, kami meluncurkan edisi bertema Hukum Perdata. Terima kasih kepada para pemikir yang telah berkontribusi, Mitra Bestari (Fazal Akmal Musyarri, S.H., M.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salam Konsumen Adalah Raja!!!

  • Tema Hukum Adat
    Vol 2 No 3 (2021)

    Selamat Hari Masyarakat Adat! - 13 Maret 2021. Dalam rangka memperingati hari spesial ini, Jurnal Hukum Lex Generalis meluncurkan tema Hukum Adat. Tulisan-tulisan yang dimuat telah diseleksi secara ketat oleh Mitra Bestari kami. Kami ucapkan Matur Nuwun kepada para penulis yang telah berkontribusi, Mitra Bestari (Moh. Rif'an, S.H., M.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jayalah Masyarakat Adat Nusantara!!!

  • Tema Hukum Islam
    Vol 2 No 2 (2021)

    Selamat Hari Peresmian Masjid Istiqlal! - 22 Februari 2021. Bertepatan dengan perayaan masjid terbesar di Asia Tenggara ini, Jurnal Hukum Lex Generalis meluncurkan Tema Hukum Islam. Tentunya dengan sumbangsih para penulis yang kemudian telah diseleksi secara profesional oleh Mitra Bestari kami. Kami mengucapkan Syukron Katsiron kepada para penulis yang telah berkontribusi, Mitra Bestari (Nurul Ula Ulya, S.H., M.H.), partner distribusi (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak perguruan tinggi se-Indonesia), Klinik Hukum Rewang Rencang selaku pelindung, serta semua pihak dan tak lupa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selamat Harlah Masjid Istiqlal!

  • Tema Hukum Internasional Januari 2021

    Tema Hukum Internasional
    Vol 2 No 1 (2021)

    Selamat Hari Perdamaian Sedunia (World Day of Peace) - 1 Januari 2021. Edisi ini merupakan edisi pertama kami yang menggunakan platform Open Journal Systems (OJS) by PKP. Sebetulnya, edisi ini telah terbit sesuai jadwal yaitu 1 Januari 2021 di Homepage kami (Https://publikasi.rewangrencang.com/). Akan tetapi karena kami memerlukan pengaturan, pengembangan dan eksplorasi fitur OJS sehingga kami baru secara fix mengunggah edisi 2021 ini tepat pada penghujung Januari 2021 (31 Januari 2021). Mengapa kami memilih mempublikasikan tema Hukum Internasional di Hari Perdamaian Sedunia? Karena sesuai namanya yang dirayakan sedunia, hukum yang relevan adalah hukum yang dianut secara global yaitu Hukum Internasional. Terima kasih banyak kepada para penulis, mitra bestari (Amanda Eugenia Soeliongan, S.H., M.H.), distributor (Official Partner maupun Individual Partner yang berasal dari banyak universitas), CV Rewang Rencang, serta semua pihak dan tidak lupa Tuhan Yang Maha Esa. Sekali lagi. Selamat Tahun Baru 2021!

  • Tema Hukum dan Hak Asasi Manusia
    Vol 1 No 9 (2020)

    Selamat Hari HAM Nasional! - 10 Desember 2020. Terbit pada 10 Desember 2020. Dapat diakses melalui tautan: https://publikasi.rewangrencang.com/arsip/jurnal-hukum-lex-generalis-vol-1-no-9-tema-hukum-dan-hak-asasi-manusia/

  • Tema Hukum Lingkungan
    Vol 1 No 8 (2020)

    Selamat Hari Menanam Pohon Nasional! - 28 November 2020. Terbit pada 28 November 2020. Dapat diakses melalui tautan: https://publikasi.rewangrencang.com/arsip/jurnal-hukum-lex-generalis-vol-1-no-8-tema-hukum-lingkungan/

  • Tema Hukum Agraria
    Vol 1 No 6 (2020)

    Selamat Hari Agraria Nasional! - 24 September 2020. Terbit pada 24 September 2020. Dapat diakses melalui tautan: https://publikasi.rewangrencang.com/arsip/jurnal-hukum-lex-generalis-vol-1-no-6-tema-hukum-agraria/

  • Tema Hukum Pemerintahan (HTN dan HAN)
    Vol 1 No 5 (2020)

    Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia! - 17 Agustus 2020. Terbit pada 17 Agustus 2020. Dapat diakses melalui tautan: https://publikasi.rewangrencang.com/arsip/jurnal-hukum-lex-generalis-vol-1-no-5-tema-hukum-pemerintahan/

  • Tema Hukum Pidana
    Vol 1 No 4 (2020)

    Selamat Hari Kejaksaan! - 22 Juli 2020. Terbit pada 22 Juli 2020. Dapat diakses melalui tautan: https://publikasi.rewangrencang.com/arsip/jurnal-hukum-lex-generalis-vol-1-no-4-tema-hukum-pidana/

  • Tema Hukum Keluarga
    Vol 1 No 3 (2020)

    Selamat Hari Keluarga Nasional! - 29 Juni 2020. Terbit pada 29 Juni 2020. Dapat diakses melalui tautan: https://publikasi.rewangrencang.com/arsip/jurnal-hukum-lex-generalis-vol-1-no-3-tema-hukum-keluarga/

  • Tema Hukum Internasional
    Vol 1 No 1 (2020)

    Volume dan Nomor publikasi ini merupakan edisi pertama yang diluncurkan oleh Jurnal Hukum Lex Generalis sebelum menggunakan platform Open Journal System (OJS) akan tetapi hanya melalui Website berbasis WordPress. Terbit pada 30 April 2020 sebagai starting point Jurnal Hukum Lex Generalis. Dapat diakses melalui tautan: https://publikasi.rewangrencang.com/arsip/jurnal-hukum-lex-generalis-vol-1-no-1-tema-hukum-internasional/